-->

Popular Posts

2leep.com!

Friday, September 16, 2011

Disorder!!

Manusia tidak ada yang sempurna, semua orang pun tau hal itu. Banyak orang yang biasa dianggap aneh dan tidak lazim karena alasan atau hal-hal tertentu. Sesuai dengan judul diatas, gw pada post ini bakal ngebahas yang namanya DISORDER. Banyak jenis-jenis disorder di dunia ini, ada juga yang common / biasa, tapi ada juga yang anehnya luar biasa.

Yang umum itu biasanya, Bipolar, Anxiety Disorder, Overstressed, Anorexia, dan Dyslexia.

Itu sih yang umum-umum, mungkin ada juga yang belum pernah ngedenger yang umum. Sekarang, fokus deh ke yang aneh.

1. Phantom Limb Disorder

Disorder ini aneh karena orang yang terkena penyakit ini cenderung senang apabila kehilangan organ tubuhnya dan merasa organ-organ tubuhnya (khususnya alat gerak) tidak bekerja sesuai dengan perintah otaknya.

2. Body Integrity Identity Disorder (BIID)

Orang yang menderita disorder ini cenderung rela, suka, bahkan senang untuk mengorbankan organnya terutama organ gerak (tangan / kaki) kepada orang lain. Hal ini terjadi karena rasa simpati yang berlebihan terhadap seseorang. Bahkan, ada beberapa orang yang menderita BIID rela mengorbankan organnya untuk orang yang terkena BIID lainnya.

3. Mythomania

Dari kata-katanya saja, Myth = mitos, mania = cinta / suka. Artinya, orang yang terserang penyakit ini percaya dan bahkan suka terhadap kebohongan dan mempercayai kebohongan tersebut sebagai suatu kebenaran.

4. Somatoparaphrenia

Penyakit ini menyebabkan seseorang menyangkal kepemilikan anggota tubuh pada suatu sisi. Misalkan, seorang pasien yang percaya bahwa tangan dan kaki kanannya dia bukan miliknya, tetapi milik orang lain. Bahayanya, penderita bisa-bisa mengamputasi bahkan membuang tangan / kaki yang dia percaya itu bukan miliknya.

5. Munchausen Syndrome

Biasanya dialamin oleh anak kecil, penyakit ini membuat seorang sering memalsukan sakit / berpura-pura sakit DEMI PERHATIAN! Misal, pura-pura terjatuh / pura-pura sakit untuk mencari perhatian seseorang. Hal ini disebabkan oleh trauma kehilangan perhatian dari lingkungan sekitarnya.

6. Alice in Wonderland Syndrome

Lumayan terkenal sih, tapi jarang orang yang dapet penyakit ini. Penyakit ini membuat penderita berpikir bahwa salah satu anggota badan dia lebih besar atau merasa lingkungan sekitarnya menyusut menjadi sangat kecil, atau mengira suatu benda / hewan / hal-hal lain lebih kecil dari biasanya.

7. Neglect Syndrome

Penyakit ini menyebabkan penderita secara tidak sempurna memberi perhatian terhadap sisi kiri dan kanan. Misalnya, penderita secara tidak sadar hanya mencukur sebagian kumisnya. Atau pasien yang menggambarkan orang hanya sebelah, ketika ditanya, mereka menganggap itu gambar sempurna. Pasien juga menggambarkan jam secara tidak sempurna, mengumpulkan angka di suatu sisi.

8. Kleptomania

Mungkin sudah banyak orang yang mengalami hal ini, bahkan ada juga dari kalian yang mengenal orang yang menderita penyakit ini. Kleptomania menyebabkan penderita senang mengambil / mencuri barang-barang orang. Kleptomania dimulai pada saat masih remaja hingga beranjak dewasa. Biasanya, penderita mencuri barang-barang dalam jumlah kecil secara terus menerus.

9. Foreign Accent Syndrome

Penderita mengalami gangguan otak akibat stroke / kecelakaan yang menyebabkan seseorang berbicara dengan logat orang asing. Ia tetap berbicara dengan bahasa nasionalnya tetapi dengan menggunakan logat luar. Misalnya, orang Indonesia yang berbicara menggunakan logat Perancis, tetapi bahasa yang digunakan tetap bahasa Indonesia.

10. Genital Retraction Syndrome

Penyakit ini menyebabkan penderita percaya dan yakin bahwa alat genitalnya (alat kelamin) telah menyusut dan merubah semua sistem kerja tubuh. Bahkan ada penderita yang mau untuk melepaskan alat genitalnya.

Yaa... sekian informasinya. Semoga membantu dan menambah wawasan. Thanks for reading! :D

No comments:

Post a Comment